4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil

4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil - Hai sahabat https://cikfanthagiro.blogspot.com, Pada sharing kali ini yang berjudul 4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil, kami telah menyiapkan artikel ini dengan baik agar Anda dapat membaca dan mengambil informasi di dalamnya. semoga postingan 4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil, yang kami tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca..

4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil

4-tips-mengamankan-akun-fb
Baru-baru heboh berita tentang data jutaan pengguna Facebook yang dieksloitasi oleh Cambridge Analytica. Bahkan akibat skandal pencurian data tersebut, Mark Zukerberg selaku pemilik Facebook disebut-sebut kehilangan puluhan triliun karena merosotnya harga saham facebook. Atas kejadian ini, Mark juga sudah meminta maaf atas insiden yang melibatkan 50 juta pengguna Facebook yang data-data pribadinya yang dicuri.

Bagi pengguna, pencurian data kerap terjadi tanpa disadari. Memang, data tersebut tidak merugikan Anda secara finansial, tapi ternyata data-data itu bisa digunakan untuk kepentingan lain semisal yang berkaitan dengan kampanye politik atau hal-hal lain.

Facebook sebetulnya sudah sejak lama mengambil langkah-langkah untuk mencegah kasus seperti Cambridge Analytica. Bahkan, Facebook juga telah lama tidak lagi mengijinkan aplikasi yang terkait dengan Facebook untuk mendapatkan informasi pribadi dan teman-teman Facebook Anda.

Tapi, agar lebih amannya, untuk menghindari dampak negatif dari pencurian data pada akun Facebook Anda, 4 langkah ini bisa Anda lakukan sebagai pencegahan.

1. Tolak akses aplikasi ke akun Anda

Beberapa aplikasi bisa mengaitkan akun Anda sebagai login, seperti aplikasi permainan, dan aplikasi-aplikasi yang lainnya. Dan, yang perlu Anda ketahui adalah, apakah aplikasi tersebut meminta akses yang lebih luas pada data akun Facebook Anda, itu penting Anda ketahui. Untuk lebih memberikan perlindungan pada akun facebook Anda, tolak aplikasi yang tak dikenal yang bisa berimbas terhadap akun milik Anda. Langkahnya;

Masuk ke Pengaturan> Aplikasi saat masuk ke profil Facebook Anda, Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda miliki, yang diantaranya mungkin Anda berikan akses ke informasi Facebook Anda. Jadi jika dianggap tidak perlu, silahkan di hapus saja. 
cara-mengamankan-profil-facebook
2. Membatasi informasi untuk diketahui teman Anda

Anda bisa membatasi hal-hal yang dianggap pribadi dan tidak perlu untuk diketahui oleh orang lain seperti Biodata, Ulang tahun, Keluarga dan hubungan, dan masih banyak lagi. Silahkan masuk ke menu “Edit kontak dan info dasar Anda” atau untuk privasi lainnya Anda bisa masuk ke menu “Pengaturan” lalu klik "Edit" disana akan ditemukan seperi pengaturan umum, keamanan dan info masuk, privasi, dsb.

3. Nonaktifkan Akun Anda Jika Tidak Digunakan

Segera nonaktifkan akun ketika Anda tidak sering mengaksesnya. Jangan biakan akun Anda tidur dalam waktu yang lama. Ini merupakan bentuk pencegahan agar akun Facebook Anda tetap terjaga keamanannya. Toh untuk mengaktifkannya kembali juga sangat mudah.

Berikut adalah cara menonaktifkan akun Facebook Anda;

Buka Pengaturan> Umum> Kelola Akun, Edit lalu klik "Nonaktifkan akun Anda." Anda akan dimintai kata sandi Anda, kemudian Anda akan melihat halaman di mana Facebook menjelaskan apa yang akan terjadi jika Anda menonaktifkannya dan Anda juga harus memberikan alasan untuk penonaktifan pada pilihan alasan yang tersedia tersebut. 
cara-mengamankan-facebook
Untuk mengaktifkan kembali, cukup log in seperti biasa. Semuanya akan sama seperti setelah Anda mengaktifkan kembali, dengan semua foto Anda, pembaruan status, dan aplikasi kembali online.

4. Menghapus akun Facebook Anda sebagai Pilihan Terakhir

Seperti dijelaskan pada langkah nomor 3, jika anda jarang mengakses Facebook atau jika dirasa Facebook tidak ada gunanya lagi buat Anda, langkah ini adalah cara terakhir yaitu menghapus akun facebook secara permanen. Facebook sudah pasti tak ingin Anda menghapus akun. Bahkan, Anda akan melalui serangkaian proses untuk menghapus informasi Anda secara permanen, sambil terus merayu Anda untuk melakukan penonaktifan sebagai gantinya.

Namun jika Anda yakin untuk menghapus profil Anda dari Facebook, hal pertama yang dilakukan oleh Anda adalah membuat cadangan info. Anda dimungkinkan mengunduh file .zip dengan semua foto dan detail pribadi Anda, sehingga menghapus profil Anda tidak berarti menghapus kenangan Anda.

Langkahnya; Buka Pengaturan> Umum, dan di bagian paling bawah klik "Unduh salinan data dari Facebook." Kemudian klik, "Mulai Arsip Saya" untuk mendapatkan file .zip. 
cara-mengamankan-fb
Jika data profil Anda sudah berumur satu dekade dan penuh dengan foto, ini bisa memakan waktu cukup lama untuk mencadangkan data tersebut. Setelah Selesai Anda mencadangkan, Anda dapat menghapus akun Anda.

Nah itulah 4 tips mengamankan akun facebook Anda untuk mencegah pencurian data pada akun Anda. Dan sebagai saran jangan mudah percaya dengan aplikasi yang meminta log in via Facebook, bahkan disarankan untuk tidak mengisi form yang meminta akun serta kata kunci Facebook biasanya berkedok survey tertentu dengan iming-iming hadiah yang sangat menggiurkan.

Disadur dari PULSA Online

Demikianlah Artikel 4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil

Sekian postingan 4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil, mudah-mudahan bisa memberi pencerahan untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di update artikel lainnya.

Anda sedang membaca artikel 4 Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Terhindar Dari Pencurian Data Profil dan artikel ini url permalinknya adalah https://cikfanthagiro.blogspot.com/2018/03/4-tips-mengamankan-akun-facebook-agar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel